4 Tugas Jasa Import Jakarta yang Perlu Anda Ketahui

Jasa Import Jakarta

Jasa import Jakarta atau forwarder adalah perusahaan yang bertugas menjalankan semua peran forwarding. Seperti mewakili pihak importir dan eksportir, shipper, untuk semua penerimaan dan pengiriman barang. Termasuk juga pengaturan transportasi agar bisa mendapatkan transportasi yang hemat, aman, efektif, dan efisien.

Bisa dikatakan bahwa forwarder adalah perusahaan yang ahli dalam bidang jaringan logistik. Mereka bisa merancang berbagai cara pengiriman. apakah menggunakan kapal laut atau pesawat. Apakah menggunakan truk, kontainer, kereta api, atau mode transportasi darat lainnya.

Tugas Jasa Import Jakarta

Lalu apa saja tugas jasa Impor Jakarta? Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Memilih Moda dan Rute Pengiriman Barang

Memilih rute dan moda pengiriman barang memang bisa dilakukan oleh importir atau eksportir sendiri. Namun itu perlu waktu dan usaha yang tidak sedikit. Mengingat salah penggunaan alat transportasi tidak hanya berisiko over budget. Tapi juga terlalu lama di perjalanan.

Forwarder akan memilih rute perjalanan uang singkat dengan moda yang paling hemat. Selain itu, forwarder juga akan memilih ruang muat barang. Apakah akan menggunakan full container load atau lesa than container load. Kedua jenis ruang muat ini memiliki fungsi dan kelebihan yang berbeda.

Menerima Barang

Apakah tugas forwarder hanya sebatas pengadaan alat transportasi saja? Tentu tidak. Forwarder juga bertugas menerima barang dari customer, melakukan sortasi, dan juga packaging. Tidak hanya sampai di situ saja. Tugas selanjutnya adalah melakukan penimbangan berat dan mengukur dimensi.

Setelah memastikan semua perhitungan berat, forwarder juga harus menyimpan barang di gudang agar lebih aman. Memang tidak semua customer memerlukan semua layanan ini. Tapi semakin banyak layanan yang diberikan, maka semakin baik trust customer

Penerbitan Dokumen

Tugas lain dari forwarder adalah menerbitkan dokumen eksportir dan importir. Inilah alasan kenapa forwarder harus memahami tentang apa itu letter of credit dan berbagai peraturan perdagangan internasional. Selain itu, juga harus memahami berbagai regulasi dari negara asal dan barang atau tujuan penjualan barang.

Dengan memahami berbagai peraturan ini, forwarder bisa mengetahui dokumen apa saja yang diperlukan untuk melakukan proses ekspor impor. Bisa membantu customer jika tidak bisa menyediakan berbagai dokumen yang diperlukan untuk kelancaran proses ekspor impor.

Tugas Tambahan

Ternyata forwarder juga memiliki tugas dan layanan tambahan jika diperlukan. Seperti pengajuan klaim asuransi jika terjadi kerusakan atau kehilangan barang. Asuransi ini sangat perlu mengingat selalu ada risiko kerusakan dan kehilangan barang selama proses pengiriman.

Mengirimkan barang ke tempat tujuan dan memastikan keselamatannya. Terutama untuk barang-barang yang memilki risiko kerusakan tinggi. Menerima barang impor dari pengangkut, mengurus semua kebutuhan bea cukai dan berbagai permasalahannya.

Seperti yang diketahui, tidak mudah untuk bisa melewati bea cukai. Semua barang dan dokumen harus lulus seleksi agar bisa keluar dari area kepabean. Berbagai dokumen diperlukan agar barang tidak tertahan di bea cukai. Di sinilah peran tambahan yang harus dilakukan pihak forwarder.

Forwarder juga melakukan pengiriman barang dari pelabuhan penerimaan ke gudang sementara. Sebelum akhirnya mengirim ke lokasi sesuai permintaan klien.

Ternyata jasa import Jakarta sangat membantu bagi bisnis ekpor impor, bukan? Jika Anda tertarik menggunakan jasa forwarder ini, bisa langsung menghubungi admin kami melalui nomor WA. Atau kunjungi kami di https://hsh.co.id/. Anda bisa berkonsultasi apapun terkait bisnis ekpor impor dengan berbagai regulasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.