Jenis Kontainer untuk Impor dan Ekspor

Kontainer atau peti kemas merupakan suatu kemasan yang dirancang khusus dengan ukuran tertentu yang dapat dipakai berulangkali, dan bisa untuk menyimpan sekaligus mengangkut muatan yang ada di dalamnya. Filosofi dari KONTAINER adalah muatan bisa “dibungkus” dalam peti – peti dengan ukuran yang sama sehingga semua moda transportasi kargo (kapal laut, truk, kereta api) bisa mengangkutnya secara cepat, aman, dan efisien. Kontainer dapat digunakan untuk proses impor maupun ekspor barang di Indonesia. 

Container 20 Feet
Berbagai jenis container 20 feet

Kontainer yang digunakan dalam pengangkutan kargo memiliki berbagai ukuran, namun secara umum yang sering dipakai adalah :

  • 20′ (20 feet), kapasitas angkut kurang lebih 33 CBM dan 20 ton
  • 40′ (40 feet), kapasitas angkut kurang lebih 60 CBM dan 27 ton
  • 40′ High Cube (40 feet HC), kapasitas angkut kurang lebih 76 CBM dan 29 ton
  • 45′ High Cube (45 feet HC), kapasitas angkut kurang lebih 86 CBM dan 30 ton

Baca Juga:

Sedangkan menurut tujuan penggunaan atau jenis barang yang dimuat, KONTAINER dapat digolongkan menjadi :

  • General Container

yaitu KONTAINER yang digunakan untuk mengangkut barang-barang umum (general cargo), meliputi : General Purpose Container, Open Side Container, Open-Top Container, Ventilated Container.

  • Thermal Container

yaitu kontainer yang dilengkapi dengan pengatur suhu untuk tujuan tertentu. Yang termasuk kontainer jenis ini adalah : Insulated Container, Reefer Container, Heated Container.

  • Tank Container

adalah kontainer berbentuk tangki yang ditempatkan di dalam kerangka peti kemas. Kontainer jenis ini biasanya untuk muatan cair (bulk liquid) dan gas (bulk gas).

  • Dry Bulk Container

kontainer jenis ini merupakan general purpose container yang dipergunakan khusus untuk mengangkut muatan curah (bulk cargo), tetapi untuk memuat atau membongkar muatan tidak melalui pintu depan seperti pada umumnya melainkan melalui pintu (lubang) di bagian atas kontainer, sedangkan untuk mengeluarkan muatan melalui pintu (lubang) di bagian bawah. Lubang di bagian atas tersebut bisa juga digunakan untuk mengeluarkan muatan dengan cara dihisap (pressure discharge).

  • Platform Container

merupakan kontainer yang hanya terdiri dari lantai dasar dan atau ditambah tiang / dinding penyangga saja. Kontainer jenis ini biasanya untuk barang-barang yang over dimension seperti mesin, trafo, dll.

  • Special Container

yaitu kontainer yang khusus dibuat untuk muatan tertentu, misal muatan ternak hidup, mobil, dll.

Info lebih lanjut mengenai tarif ekspor dan impor menggunakan kontainer, silahkan mengubungi kontak kami. Terimakasih atas kepercayaan Anda.

2 thoughts on “Jenis Kontainer untuk Impor dan Ekspor

  1. Berapa biaya sekali sewa kontainer?

    1. amrihh says:

      Biaya untuk sewa kontainer tergantung jarak antara pelabuhan asal dan pelabuhan tujuannya Bu. Semakin jauh jaraknya maka semakin tinggi harga nya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *